Selasa, 26 April 2011

Promosi dan kompalain dari mulut Kemulut

Promosi dari mulut ke mulut merupakan suatu cara promosi personal yang paling ampuh untuk mempengaruhi konsumen dalam memasarkan suatu barang dan jasa, karena dalam promosi ini terdapat rekomendasi dari kerabat atau teman dekat yang dijadikan sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya ditengah banjirnya iklan dikalangan konsumen.Jadi kita yang sudah menggunakan jasa dan layanan atau membeli produk teman lalu kemudian mempromosikan kepada kerabat atau teman kita agar menggunakan jasa atau prduk dari teman kita agar usaha dari teman kita tambah maju berkembang yang akhirnya bermuara pada keuntungan yang besar.


Tapi bagaimana Jika barang dan jasa atau layanan dari teman kita yang mempunyai usaha tidak memuaskan atau malah merugikan kita.....tentunya kita tidak akan mempromosikan kepada orang lain karena nantinya akan merugikan semua pihak jika nantinya jasa,produk atau layanan tidak memuaskan......Bukan begitu????

Mengingat ampuhnya Promosi dengan sistem dari mulut ke mulut ini...maka seharusnya kita lebih memperhatikannnya dengan memberikan servis jasa dan produk yang sebaik-baiknya kepada teman kita...mungkin harga memang tidak perlu dikurangi namun layanan atau jasa yang "oke punya" begitu kata tauke. Yang lebih parah nya lagi terkadang kita ngomongnya wah..tenang aja  ni gue udah kasih harga teman dijamin pasti lebih murah dari yang lain....Eh ketika dicek atau suatu waktu kita beli di tempat lain eh malah harganya jau lebih murah ditempat lain. Ini yang kadang-kadang menghilangkan rasa kepercayaan dalam persahabatan atau dalam berbisnis.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan selain promosi dari mulut kemulut tentunya ada komplain dari mulut kemulut juga...komplain ini tidak kalah  ampuhnya denga promosi dari mulut kemulut tadi....Kenapa..??? Karena yang bicara adalh teman atau kerabat yang kita percaya. Coba mana yang anda lebih percaya antara orang lain atau teman yang berbicara kepada anda..?? jawab sendiri.!!Jadi komplain ini mesti diperhatikan juga, jika teman komplain kita langsung tanggap apa yang di komplain bagaimana solusinya.
Kesimpulannya adalah Promosi dari mulut kemulut merupakan cara pemasaran yang efektif oleh karena itu kita mesti memperhatikan hal ini untuk meningkatkan penjualan. Sementara  kompalian dari teman merupakan masukan yang sangat berharga bagi usaha kita. Denagan kompalain ini kita melakukan pembenahan meningkatkan layanan jasa, produk yang kita jual agar usaha kita semakin berkembang dan menguntungkana akhirnya Utang bisa kebayar,cicilan modal bisa lunas. Aminnnnn.